Apa Itu Ekonomi? - Edukasina - Media Edukasi Universal

Breaking

Tuesday 6 November 2018

Apa Itu Ekonomi?


Apa Itu Ekonomi - Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum".

Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi, dan data dalam bekerja.

Pada dasarnya Ekonomi merupakan salah satu aspek yang terjadi dalam keseharian manusia. Aspek ini mengakibatkan adanya transaksi antara satu individu dan individu lainnya yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan pangan, maka seseorang dapat memperolehnya melalui aspek kegiatan ekonomi ini. Caranya dengan menukarkan sejumlah uang untuk beberapa kilogram beras (aktivitas jua-beli).

Sehingga secara umum ekonomi dapat diartikan sebagai segala upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya guna mencapai suatu tingkatan kemakmuran.

Sementara Ilmu Ekonomi menurut Robbins merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang aktivitas manusia yang timbul karena adanya keterbatasan untuk mencapai tujuan tertentu.

Dalam pengertian lain oleh Mayers menjelaskan bahwa Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mengkaji tentang kebutuhan hidup manusia dan cara memenuhi kebutuhan tersebut. Kemudian ditambahkan pula oleh Valk bahwa ilmu ini merupakan ilmu yang membahas tentang perilaku ekonomis beserta akibat dari perilaku tersebut.

Secara umum, terdapat beberapa prinsip Ekonomi yang menunjang berlangsungnya perilaku ekonomis pada kegiatan manusia. Beberapa diantaranya adalah:

1. Prinsip Produksi

Pada prinsip ini, perekonomian berperan dalam proses penghasilan suatu produk baik berupa barang maupun jasa. Proses tersebut membutuhkan biaya baik dari segi moril dan juga materil. Contohnya dengan terwujudnya lapangan kerja yang memproduksi barang tertentu.

2. Prinsip Distribusi

Prinsip Ekonomi berikutnya adalah pada aspek distribusi. Aspek meliputi aktivitas penyaluran (distribusi) suatu produk kepada para konsumen. Biasanya aktivitas ini dilakukan dengan perhitungan waktu yang baik. Sehingga barang akan sampai di tempat penjualan dengan waktu yang tepat. Misalnya penyaluran buah-buahan dan sayur-sayuran dari para petani menuju pasar yang dilakukan dini hari untuk selanjutnya di jual kepada para konsumen.

3. Prinsip Konsumsi

Jika melihat kembali Pengertian Ekonomi tadi maka prinsip berikutnya dari perekonomian adalah prinsip konsumsi. Prinsip ini merupakan aktivitas pemakaian atau penggunaan dari suatu produk untuk memenuhi kebutuhan. Misalnya seseorang membeli cat untuk memberi warna pada rumahnya, sehingga dengan hal itu dapat memenuhi kebutuhan estetika dalam dirinya.
apa itu ekonomi apa itu ekonomi mikro apa itu ekonomi makro apa itu ekonomi syariah apa itu ekonomi pembangunan apa itu ekonomi kreatif apa itu ekonomis apa itu ekonomi deskriptif apa itu ekonomi terapan apa itu ekonomi islam apa itu ekonomi ali baba apa itu ekonomi akuntansi apa itu ekonomi adalah apa itu ekonomi analisis apa itu ekonomi alam sekitar apa itu ekonomi agraris apa itu ekonomi agrikultur apa itu ekonomi asas apa itu aspek ekonomi apa itu ancaman ekonomi apa itu ekonomi biru apa itu ekonomi benteng apa itu ekonomi berkelanjutan apa itu ekonomi brainly apa itu ekonomi biru dan ekonomi hijau apa itu ekonomi bahasa apa itu ekonomi bebas apa itu ekonomi berdikari apa itu ekonomi berbagi b ekonomi b ekonomike b ekonomibrev apa itu ekonomi campuran apa itu ekonomi.com c ekonomi apa itu ekonomi c c ekonomia c ekonomi vårgårda c. ekonomik fayda-maliyet analizi apa itu ekonomi dan bisnis apa itu ekonomi dualistik apa itu ekonomi domestik apa itu ekonomi daerah apa itu ekonomi dualistis apa itu ekonomi deskriptif dan contohnya apa itu ekonomi demokrasi apa itu ekonomi dan sejarah ekonomi d ekonomi apa itu ekonomi etatisme apa itu ekonomi energi apa itu ekonomi manajemen apa itu ekonomi fisika apa itu ekonomi fiskal apa itu ekonomi festival apa itu ekonomi formal apa itu fakultas ekonomi apa itu faktor ekonomi apa fungsi ekonomi makro f ekonomi f ekonomi unpak f ekonomi unswagati crb ac id f ekonomik apa itu ekonomi global apa itu ekonomi gerakan benteng apa itu ekonomi ganda apa itu globalisasi ekonomi g ekonomi ekonomia ug apa itu ekonomi hijau apa itu ekonomi hijau dan ekonomi biru apa itu hukum ekonomi syariah apa itu hukum ekonomi h ekonomi apa itu ekonomi industri apa itu ekonomi informasi apa itu ekonomi inklusif apa itu ekonomi institusional apa itu ekonomi indonesia apa itu ekonomi ij kasimo apa itu ekonomi islam kontemporer apa itu ekonomi informal apa itu jurusan ekonomi pembangunan apa itu jurusan ekonomi syariah apa itu jurusan ekonomi jekonomiz apa itu ekonomi konvensional apa itu ekonomi komando apa itu ekonomi koperasi apa itu ekonomi kesehatan apa itu ekonomi kolonial k ekonomi k ekonomi definisi k ekonomi maksud k-ekonomi di malaysia k ekonomi tujuan apa itu k-ekonomi k-ekonomi sejarah tingkatan 5 k-ekonomi bertujuan untuk k ekonomi malaysia k ekonomi melaka

No comments:

Post a Comment