Apa Itu Kimia? - Edukasina - Media Edukasi Universal

Breaking

Monday 5 November 2018

Apa Itu Kimia?


Apa itu Kimia - Kimia adalah cabang dari ilmu fisik yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, dan perubahan materi. Ilmu kimia meliputi topik-topik seperti sifat-sifat atom, cara atom membentuk ikatan kimia untuk menghasilkan senyawa kimia, interaksi zat-zat melalui gaya antarmolekul yang menghasilkan sifat-sifat umum dari materi, dan interaksi antar zat melalui reaksi kimia untuk membentuk zat-zat yang berbeda.

Kimia kadang-kadang disebut sebagai ilmu pengetahuan pusat karena menjembatani ilmu-ilmu pengetahuan alam, termasuk fisika, geologi, dan biologi.

Para ahli berbeda pendapat mengenai etimologi dari kata kimia. Sejarah kimia dapat ditelusuri kembali sampai pada alkimia, yang sudah dipraktikkan selama beberapa milenia di berbagai belahan dunia.

Kimia berhubungan dengan interaksi materi yang dapat melibatkan dua zat atau antara materi dan energi, terutama dalam hubungannya dengan hukum pertama termodinamika.

Kimia tradisional melibatkan interaksi antara zat kimia dalam Reaksi Kimia, yang mengubah satu atau lebih zat menjadi satu atau lebih zat lain.

Kimia tradisional juga menangani analisis zat kimia, baik di dalam maupun di luar suatu reaksi, seperti dalam spektroskopi. Semua materi normal terdiri dari atom atau komponen-komponen subatom yang membentuk atom; proton, elektron, dan neutron. Atom dapat dikombinasikan untuk menghasilkan bentuk materi yang lebih kompleks seperti ion, molekul, atau kristal.

Zat cenderung diklasifikasikan berdasarkan energi, fase, atau komposisi kimianya. Materi dapat digolongkan dalam 4 fase, urutan dari yang memiliki energi paling rendah adalah padat, cair, gas, dan plasma.

Dari keempat jenis fase ini, fase plasma hanya dapat ditemui di luar angkasa yang berupa bintang, karena kebutuhan energinya yang teramat besar.

Zat padat memiliki struktur tetap pada suhu kamar yang dapat melawan gravitasi atau gaya lemah lain yang mencoba merubahnya.

Zat cair memiliki ikatan yang terbatas, tanpa struktur, dan akan mengalir bersama gravitasi.

Gas tidak memiliki ikatan dan bertindak sebagai partikel bebas.

Sementara itu, plasma hanya terdiri dari ion-ion yang bergerak bebas dimana pasokan energi yang berlebih mencegah ion-ion ini bersatu menjadi partikel unsur.

Satu cara untuk membedakan ketiga fase pertama adalah dengan volume dan bentuknya: kasarnya, zat padat memeliki volume dan bentuk yang tetap, zat cair memiliki volume tetap tapi tanpa bentuk yang tetap, sedangkan gas tidak memiliki baik volume ataupun bentuk yang tetap.

Secara umum ilmu kimia membahas semua materi tentang:

1. Susunannya dan strukturnya.
2. Sifatnya.
3. Perubahannya.
4. Energi yang menyertai perubahannya.

Misalkan kita membahas “air”. Maka secara sederhana yag dipelajari oleh ilmu kimia tentang air adalah mengenai:

1. Bagaimana atom-atom hidrogen dan oksigen tersusun dalam sebuah molekul air dengan membentuk struktur molekul.
2. Bagaimana sifat-sifat air dihubungkan dengan susunan dan struktur tadi.
3. Perubahan apa yang terjadi pada air (erat kaitannya dengan reaksi kimia).
4. Seberapa besar energi yang dihasilkan atau diserap pada perubahan tersebut.

apa itu kimia apa itu kimia dan ruang lingkupnya apa itu kimia organik apa itu kimia dan ruang lingkup apa itu kimia dimana zat kimia didapatkan di alam apa itu kimiawi apa itu kimia analitik apa itu kimia analisis apa itu kimia farma apa itu kimia amami apa itu kimia air apa itu ar kimia apa itu ahli kimia apa yang dimaksud kimia anorganik apa yang dimaksud kimia analisis apa itu kimia brainly apa itu kimia beracun apa itu kimia bahan makanan apa itu kimia bahan alam apa itu kimia bahan b kimia c kimia apa itu kimia dan fisika apa itu kimia deskriptif apa itu energi kimia apa itu kimia karbon f kimia apa itu kimia hijau apa hubungan kimia dengan ilmu lainnya apa itu hakikat ilmu kimia h+ kimia apa itu kimia instrumen apa itu ilmu kimia apa itu ikatan kimia apa itu ilmu kimia jelaskan apa itu ilmu kimia dan peranannya apa yang dimaksud kimia industri apa itu ilmu kimia dan contohnya apa itu ilmu kimia brainly apa itu i dalam kimia apa itu jurusan kimia industri apa itu jurusan teknik kimia apa itu kimia komputasi apa itu kimia kontekstual apa itu kimia kehidupan apa itu kimia kesehatan k kimia apa itu kimia larutan dan permukaan l kimia apa itu kimia medisinal apa manfaat kimia dalam pengolahan makanan apa itu materi dalam kimia m kimia apa itu m dalam kimia apa itu nafta dalam kimia n kimia apa itu n dalam kimia apa itu kimia organik bahan alam apa itu kimia otak apa itu kimia organik dan anorganik o kimia apa itu kimia pangan apa itu kimia pertanian apa itu kimia polimer apa itu kimia permukaan apa itu perubahan kimia p kimia apa itu qc kimia q kimia apa itu reaksi kimia r kimia s kimia apa itu s dalam kimia apa itu delta s dalam kimia apa itu kimia tanah apa itu kimia terapan apa itu kimia teknik apa itu kimia tekstil apa itu kimia teoritis apa itu valensi dalam kimia v kimia w kimia x kimia apa itu zat kimia 8 kimian avenue waratah west 9 kimian ave waratah west

No comments:

Post a Comment