Apa Itu Fisika? - Edukasina - Media Edukasi Universal

Breaking

Monday 5 November 2018

Apa Itu Fisika?


Apa Itu Fisika - Fisika adalah ilmu yang mempelajari materi beserta gerak dan perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu, bersamaan dengan konsep yang berkaitan seperti energi dan gaya. Adapun tujuan utama fisika adalah memahami bagaimana alam semesta berkerja.

Fisika adalah salah satu disiplin akademik paling tua, mungkin yang tertua melalui astronomi yang juga termasuk di dalamnya. Lebih dari dua milenia, fisika menjadi bagian dari Ilmu Alam bersama dengan kimia, biologi, dan cabang tertentu matematika, namun ketika munculnya revolusi ilmiah pada abad ke-17, ilmu alam berkembang sebagai program penelitian sendiri.

Fisika berpotongan dengan banyak area penelitian bidang ilmu lain, seperti biofisika dan kimia kuantum, dan batasan fisiknya tidak didefinisikan dengan jelas. Ilmu baru dalam fisika terkadang digunakan untuk menjelaskan mekanisme dasar sains lainnya serta membuka jalan area penelitian lainnya seperti matematika dan filsafat.

Berdasarkan konsep, hukum, dan teori yang ada, fisika dapat meramalkan suatu kejadian dan menciptakan teknologi yang berguna untuk kesejahteraan manusia. Contohnya, terjadinya gerhana matahari total dapat diramalkan, tidak hanya tanggalnya, tetapi sampai hitungan detik.

Selain itu, hasil teknologi fisika mulai dari peralatan rumah tangga sampai penerbangan ruang angkasa yang merupakan hasil nyata pengembangan teori/hukum fisika. Dalam mempelajari gelaja atau fenomena alam, fisika menggunakan proses yang terdiri atas: pengamatan, pengukuran, analisis, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diambil harus dilandasi dengan sikap ilmiah, seperti objektif, skeptis, menghargai fakta, jujur, tekun, sabar, tidak mudah menyerah, dan hati-hati.
apa itu fisika apa itu fisika statistik apa itu fisika kuantum apa itu fisika klasik apa itu fisika modern apa itu fisika dasar apa itu fisika nuklir apa itu fisika terapan apa itu fisika mekanika apa itu fisika atom apa itu fisika akustik apa itu fisika astronomi apa itu ahli fisika apa itu astrofisika apa itu aplikasi fisika apa arti ahli fisika apa arti fisika itu apa itu artinya fisika a itu apa dalam fisika apa itu fisika biologi dan kimia apa itu fisika biologi kimia apa itu fisika bumi apa itu besaran fisika c fisika apa itu c dalam fisika apa itu fisika dasar 1 apa itu fisika dalam kehidupan sehari hari apa itu fisika dan cabang cabang fisika apa itu vektor dalam fisika apa itu dimensi dalam fisika apa perbedaan fisika dan kimia apa itu fisika eksperimental apa itu fisika elektronika apa itu elastisitas fisika apa itu energi dalam fisika apa itu elastisitas dalam fisika apa itu eter dalam fisika apa itu efisiensi dalam fisika apa itu fisika murni apa itu fisika material apa itu fisika farmasi f fisika apa itu f di fisika apa itu fisika gelombang apa itu gaya dalam fisika g fisika apa itu g dalam fisika apa itu g di fisika apa itu hakikat fisika apakah itu hakikat fisika apa hakikat fisika sebagai sikap apa hubungan fisika dengan ilmu lain h fisika apa itu h dalam fisika apa itu fisika instrumentasi apa itu ilmu fisika apa itu impuls fisika apa itu ipa fisika apa yang dimaksud fisika inti apa itu ilmu fisika jelaskan apa itu induksi fisika apa yang dimaksud ilmu fisika apa yang dimaksud ipa fisika apa itu i dalam fisika jelaskan apa itu fisika apa itu fisika kedokteran apa itu fisika kesehatan apa itu fisika kesehatan dan hubungan ilmu fisika dengan ilmu kesehatan k itu apa dalam fisika k fisika apa itu fisika lensa apa itu ruang lingkup fisika l fisika apa itu fisika medik apa itu fisika matematika apa itu fisika menurut anda apa maksud fisika sebagai proses apa itu m dalam fisika apa itu nst fisika apa itu n dalam fisika apa itu notasi ilmiah dalam fisika n fisika apa itu n di fisika apa itu omega dalam fisika apa itu fisika pdf apa itu perubahan fisika apa penerapan fisika yang diterapkan dalam bidang energi apa pengertian fisika p fisika p fisika umpwr apa itu p dalam fisika apa itu teori fisika kuantum apa itu q dalam fisika q fisika apa itu fisika radiasi r fisika apa itu r dalam fisika apa itu fisika sebagai proses apa itu fisika sebagai sikap apa itu fisika sebagai cara berpikir

No comments:

Post a Comment