Apa Itu Biologi? - Edukasina - Media Edukasi Universal

Breaking

Sunday 4 November 2018

Apa Itu Biologi?


Apa Itu Biologi - Biologi adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern sangat luas, dan eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang, dan subdisiplin. Namun, meskipun lingkupnya luas, terdapat beberapa konsep umum yang mengatur semua penelitian, sehingga menyatukannya dalam satu bidang.

Biologi umumnya mengakui sel sebagai satuan dasar kehidupan, gen sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru. Selain itu, organisme diyakini bertahan dengan mengonsumsi, dan mengubah energi serta dengan meregulasi keadaan dalamnya agar tetap stabil, dan vital.

Subdisiplin biologi didefinisikan berdasarkan skala organisme yang dipelajari, jenis organisme yang dipelajari, dan metode yang digunakan untuk mempelajarinya antara lain:
  1. Biokimia mempelajari kimia kehidupan.
  2. Biologi molekuler terkait dengan interaksi antar molekul biologis.
  3. Botani mempelajari biologi tumbuhan
  4. Biologi seluler meneliti satuan dasar semua kehidupan, yaitu sel
  5. Fisiologi mempelajari fungsi fisik, dan kimia jaringan organ, dan sistem organ suatu organisme
  6. Biologi evolusioner meneliti proses yang menghasilkan keanekaragaman hayati; dan ekologi mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya.
Sesuai dengan sifat ilmu sains lainnya, Ilmu Biologi memiliki ciri tentatif. Artinya, Ilmu Biologi akan terus berubah sesuai dengan perkembangan waktu. Contohnya, dalam penemuan virus mosaik.

Awalnya para ilmuwan Ilmu Biologi menyimpulkan bahwa penyebab penyakit mosaik pada daun tembakau adalah bakteri yang berukuran sangat kecil. Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi dan perkembangan waktu, ternyata penyebab dari penyakit mosaik pada daun tembakau tersebut adalah virus.

Perubahan yang terjadi pada Ilmu Biologi tersebut dipengaruhi oleh penemuan baru, perkembangan
ilmu lain yang terkait, atau perkembagan teknologi. Misalnya, penemuan mikroskop elektron telah memungkinkan dilakukannya pengamatan terhadap objek ilmu Biologi yang tidak teramati oleh mikroskop cahaya. Ciri lain Ilmu Biologi adalah berlaku universal.

Pengetahuan atau teori yang diungkapkan dalam Ilmu Biologi berlaku untuk seluruh dunia. Contohnya, pengetahuan tentang bakteri berlaku umum untuk semua bakteri yang ada di dunia. Pengetahuan tentang DNA dipelajari sama di seluruh dunia. Dapatkah Anda memberikan contoh yang lainnya?

Ilmu Biologi mampu memecahkan suatu permasalahan secara ilmiah. Dalam sejarah kehidupan manusia, banyak sekali permasalahan kemanusian yang diselesaikan dengan landasan Ilmu Biologi. Misalnya, bagaimana meningkatkan hasil pertanaian untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, melalui Ilmu Biologi, ditemukan bibit unggul atau pupuk yang akan memberikan hasil maksimal. Dalam pemecahan suatu masalah, Ilmu Biologi memiliki cara kerja yang tersusun secara sistematis berdasarkan bukti. Pemecahannya tersebut dinamakan juga metode ilmiah.

Di dalam metode ilmiah segala permasalahan dipecahkan secara sistematis. Para ilmuwan Ilmu Biologi, menggunakan metode ilmiah untuk melakukan observasi suatu hipotesis (dugaan sementara) dalam usahanya menjelaskan suatu fenomena alam berdasarkan bukti di lapangan.

No comments:

Post a Comment