Apa Itu Matematika? - Edukasina - Media Edukasi Universal

Breaking

Sunday 4 November 2018

Apa Itu Matematika?


Apa Itu Matematika - Matematika adalah ilmu yang mempelajari hal-hal seperti besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Kata Matematika berasal dari kata dari bahasa Yunani: μαθημα - mathēma, "pengetahuan, pemikiran, pembelajaran".

Para matematikawan merangkai dan menggunakan berbagai pola, dan menggunakannya untuk merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang ketat diturunkan dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian.

Terjadi perdebatan tentang apakah objek-objek matematika seperti bilangan dan titik sudah ada di semesta, jadi ditemukan, atau ciptaan manusia. Seorang matematikawan Benjamin Peirce menyebut matematika sebagai "ilmu yang menggambarkan simpulan-simpulan yang penting".

Namun, walau matematika pada kenyataannya sangat bermanfaat bagi kehidupan, perkembangan sains dan teknologi, sampai upaya melestarikan alam, matematika hidup di alam gagasan, bukan di realita atau kenyataan.

Albert Einstein menyatakan bahwa "sejauh hukum-hukum matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti; dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan."

Makna dari "Matematika tak merujuk kepada kenyataan" menyampaikan pesan bahwa gagasan matematika itu ideal dan steril atau terhindar dari pengaruh manusia. Uniknya, kebebasannya dari kenyataan dan pengaruh manusia ini nantinya justru memungkinkan penyimpulan pernyataan bahwa semesta ini merupakan sebuah struktur matematika, menurut Max Tegmark. Jika kita percaya bahwa realita di luar semesta ini haruslah bebas dari pengaruh manusia, maka harus struktur matematika lah semesta itu.

Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Matematika praktis mewujud dalam kegiatan manusia sejak adanya rekaman tertulis.

Argumentasi matematika yang ketat pertama muncul di dalam Matematika Yunani, terutama di dalam karya Euklides, Elemen.

Selain itu terdapat beberapa definisi lain mengenai apa itu matematika menurut para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pengertian matematika menurut para ahli:

James and James (1976). 
Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak dan terbagi kedalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan geometri.

Johnson dan Rising (1972). 
Matematika adalah pola fikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi.

Reys, dkk (1984). 
Matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola fikir, suatu seni, suatu bahasa dan suatu alat.

Ruseffendi E. T (1988:23). 
Matematika terorganisasikan dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil dimana dalil yang telah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena itulah matematika sering disebut ilmu deduktif.

Kline (1973). 
Matematika itu bukan ilmu pengetahuan menyendiri yang dapat sempurna karena dirinya sendiri, tetapi adanya matematika itu terutama untuk membantu manusia dalam memahami dan menguasai permasalahan ekonomi, sosial dan alam.

Paling (1982) dalam Abdurrahman (1999:252). 
Mengemukakan ide manusia tentang matematika berbeda-beda, tergantung pada pengalaman dan pengetahuan masing-masing. Ada yang mengatakan bahwa matematika hanya perhitungan yang mencakup tambah, kurang, kali dan bagi; tetapi ada pula yang melibatkan topik-topik seperti aljabar, geometri dan trigonometri. Banyak pula yang beranggapan bahwa matematika mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan berpikir logis.

apa itu matematika apa itu matematika diskrit apa itu matematika ekonomi apa itu matematika bisnis apa itu matematika dasar apa itu matematika terapan apa itu matematika peminatan apa itu matematika aktuaria apa itu matematika aljabar apa itu matematika akuntansi apa itu matematika analisis apa itu akar matematika apa itu asosiatif matematika apa itu algoritma matematika apa itu arc matematika apa itu ayam matematika apa itu ahli matematika b matematika apa itu b dalam matematika apa itu kpk dalam matematika apa itu modus dalam matematika apa itu fungsi dalam matematika apa itu range dalam matematika apa itu d dalam matematika d matematika apa itu matematika ekonomi dan bisnis apa itu ekuivalen dalam matematika apa itu eksponen dalam matematika apa itu e dalam matematika apa itu eliminasi dalam matematika apa itu matematika detik apa itu fungsi matematika apa itu fpb dalam matematika apa itu frekuensi dalam matematika f matematika apa itu f(x) dalam matematika apa itu gradien dalam matematika g matematika apa itu himpunan matematika h matematika apa itu matematika ipa apa itu matematika industri apa itu induksi matematika apa itu ilmu matematika apa itu integral matematika apa itu interval matematika apa itu implikasi matematika apa itu in matematika apa itu induksi matematika brainly apa itu invers matematika k matematika l matematika m matematika mapa matematika apa itu matematika numerik apa itu noktah dalam matematika apa itu notasi dalam matematika apa itu n dalam matematika p matematika p matematika unipma q matematika apa itu relasi dalam matematika apa itu rasio dalam matematika apa itu r dalam matematika apa itu matematika sakamoto s matematika apa itu s dalam matematika t matematika apa itu matematika umum u matematika apa itu vektor matematika apa itu variabel dalam matematika v matematika apa itu matematika wajib apa beda matematika wajib dan peminatan - x - = matematika y matematika apa itu y matematika z matematika 0. matematika zh 1 matematika 2 matematika 2. matematika osztály 3 matematika 4 matematika 5 matematika 5 matematika dasaran 6 matematika 6 matematika patasxanner 6 matematika girq 7 matematika 8 matematika 8 matematika munkafüzet megoldások 9. matematika 9 matematika megoldások

No comments:

Post a Comment